Membuat Kotak Fans Club Facebook di Blog WordPress

Senang rasanya jika blog kita punya banyak fans club. Dengan fans club tersebut, kita bisa membuat sebuah komunitas positif untuk berbagi informasi, kritik dan saran untuk kemajuan blog kita, atau bahkan sebagai sarana untuk marketing. Marketing? lho kok bisa? Bila Anda sebuah punya produk baru, Anda bisa tawarkan kepada semua fans club. Biasanya marketing dengan cara seperti ini lebih fokus dan tertarget karena mereka yang bergabung di fans club adalah yang visi dan interestnya sama dengan si pemilik blog. Akan tetapi… ada syaratnya. Tidak semua produk bisa ditawarkan, melainkan hanya produk yang tidak menyimpang dari konten blog Anda. Misal blog Anda membahas tentang matematika, namun Anda menawarkan produk ‘ebook sampah penjual mimpi’ kepada fans club, ya… dijamin gak ada yang bakal tertarik

Nah… sekarang bagaimana cara membuat kotak fans club untuk mewadahi pengunjung blog kita supaya bisa bergabung? Kita tidak perlu repot-repot membuat script sendiri untuk membuat kotak fans club, namun cukup kita memanfaatkan Facebook saja.

Tentu kita telah mengetahui bahwa di Facebook kita bisa membuat fans club dengan cara yang sangat mudah. Sekarang.. bagaimana caranya supaya kita bisa letakkan kotak fans club di blog WordPress kita? Ini dia caranya..

Langkah pertama, yang Anda lakukan adalah membuat akun Facebook dahulu. Silakan register terlebih dahulu di Facebook (http://facebook.com). Hal ini mutlak diperlukan supaya pihak Facebook mengetahui siapa yang bertanggung jawab pada fans club tersebut.

Langkah ke dua, setelah proses registrasi di Facebook sukses, silakan masuk ke Home dari Facebook Anda. Bila Anda lihat pada sisi sebelah kiri, akan terdapat link ‘Ads and Pages‘.

Klik pada link tersebut, dan Anda dipersilakan membuat Page (Create Page). Silakan buat Page untuk Fans Club Blog Anda.

Langkah ke tiga, selanjutnya bila Page sudah berhasil dibuat, klik link ‘Edit Page‘ di bawah gambar logo Page yang tadi Anda buat.

Langkah ke empat, carilah link ‘Promote with a Fan Box‘ di kolom bagian tengah halaman. Setelah Anda klik link tersebut Anda akan dihadapkan pada Fan Box Widget.

Langkah ke lima, pada bagian Fan Box Widget, Anda akan diberikan beberapa opsi terkait pengaturan Fan Box, seperti ‘Include Stream’, ‘Include Fans’, ‘Include Facebook Logo’. Silakan pilih opsi yang diinginkan, dan Anda akan melihat preview Fan Box nya.

Langkah ke enam, setelah Anda mantap dengan bentuk tampilan Fan Box, langkah berikutnya adalah menaruh scriptnya ke blog WordPress kita. Caranya bagaimana? OK… silakan klik ‘Other’ pada ‘Choose where to add the widget’, yang kemudian kita diberikan kode Javascript untuk dicopy paste ke WordPress. Adapun bentuk kode Javascriptnya adalah sbb:

<script type="text/javascript" 
src="http://static.ak.connect.facebook.com
/js/api_lib/v0.4/FeatureLoader.js.php/en_US"></script>
<script type="text/javascript">
FB.init("73a167797293ac43093ea3b39019f1eb");</script>
<fb:fan profile_id="343421557560" stream="0" 
connections="10" logobar="0" width="300">
</fb:fan>

Oya… Anda dapat mengubah parameter pada kode tersebut, misalkan pada parameter connections="...". Parameter tersebut menentukan jumlah fans yang tampil dalam Fan Box. Anda dapat pula mengatur panjang Fan Box pada parameter width="...".

Langkah ke tujuh, silakan taruh kode di atas pada widget WordPress kita dan jreng… tampilah kotak Fans Club di blog WordPress yang kita miliki,  Sebenarnya tidak hanya di WordPress kita bisa letakkan kode tersebut, namun juga untuk jenis blog yang lain atau bahkan situs bikinan kita sendiri.

Mudah bukan membuatnya?? OK semoga blog WordPress Anda mendapat banyak fans club. Selamat mencoba,

Sumber :  blog.rosihanari.net

About adisalannuary

Write What You Do - Do What You Write

Posted on 2 Januari 2012, in Blogger. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Mohon Komentar Anda

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: