Cara menambahkan angka nol di Excel

Dalam proses memasukkan data yang berupa angka ke dalam sebuah tabel, seringkali terdapat suatu keharusan berupa jumlah digit angka tertentu, misalnya 5 digit seperti 00001, 00235, 23451, dst. Dengan jumlah digit tertentu seperti itu, maka jika angka yang dimasukkan jumlah digitnya lebih sedikit, maka harus ditambahkan angka 0 (nol) didepan angka-angka yang lain agar jumlah digit angka tersebut terpenuhi.

Pada Ms Excel secara default angka 0 (nol) didepan sebuah angka tidak tertuliskan secara otomatis. Meskipun anda tulis dengan awalan angka 0 didepan seperti 00234, maka setelah ditekan tombol enter maka yang tertulis atau yang tercantum adalah 234. Angka 0 tidak ikut tertulis. Agar angka 0 (nol) ikut tertulis diawal angka pada Ms Excel, Trik dibawah ini dapat dicoba untuk diterapkan :

  1. Blok atau seleksi sel yang akan diatur penulisan angka dengan awalan nol (0).
  2. Tekan kombinasi tombol Ctrl + 1 untuk membuka format cell Number atau klik pada tanda panah pada ribbon Home, group menu Number.
  3. Muncul jendela format cells tab Number, pada category pilih custom.
  4. Pada isian Type ketikkan angka 0 (nol) sebanyak digit angka yang dikehendaki. Jika 5 (lima) digit, maka ketik angka nol sebanyak lima kali, dan seterusnya. kemudian klik OK.
  5. Sekarang waktunya untuk mencoba, silahkan masukkan angka 23 pada sel yang telah diatur tersebut. Maka angka nol akan secara otomatis tertulis didepan angka 23, sehingga menjadi 00023.

CARA KEDUA

Nah cara pertama yang bisa digunakan adalah menambahkan tanda ‘ sebelum 0602. Jadi kita tulis ’0602 maka di tampilan Excel akan muncul 0602. Cara ini mengakibatkan angka tersebut dianggap teks oleh Excel sehingga tidak bisa digunakan untuk menjumlah, kurang, kali, bagi atau operasi bilangan lainnya.

Dan repotnya kalau kita sudah copy data dari tempat lain terus nolnya jadi hilang, kan ga mungkin kita ngetik satu-satu, capek deh. (Ga segitunya juga sih, misal data di A1, B1, dst bisa pake rumus ini di A2 (=”0″&A1) lalu copy rumus itu ke bawah lalu copy hasilnya lalu paste special value only buat nimpa data asli. Jadi deh ada tambahan 0 (nol) sebanyak satu di depannya.

Cara kedua dengan memformat cellsnya. Caranya anda blok semua yang ingin anda beri tambahan 0 (nol) lalu klik kanan lalu pilih format cells. Di bagian Number (yang paling kiri) pilih Custom lalu di bagian Type ketikkan “0″0 atau 00#. “0″0 akan membuat setiap angka yang anda miliki akan ditambah satu angka 0 (nol) di depannya. 00# akan membuat bahwa angka yang anda punya minimal ada 3 digit jadi jika angka anda 2 maka ditampilkan 002, jika angka anda 25 ditampilkan 025 jika lebih dari seratus ya berarti tidak ada perubahan. Jika anda ingin minimal 5 digit (25 menjadi 00025) maka anda ketikkan 0000#.  Lihat tabel di bawah untuk mengetahui perbedaan format-format di atas.

Dengan mengubah format maka angka yang anda miliki tetap berupa angka sehingga bisa dijumlahkan, dikali atau operasi matematika lainnya.

Semoga bermanfaat.

About these ads

About adisalannuary

Write What You Do and Do What You Write

Posted on Januari 4, 2012, in Ms. Word & Excel. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: