Membuat Label Undangan Dari MS.Word & Excel

Langkah 1

1. Buka Program Ms. Excel

Bagi sobat yang tidak ingin susah-susah bikin silahkan download label template bisa langsung ke    http://www.tjlabels.com/download.html

2. Setelah itu, anda tulis dulu nama-nama yang ingin di undang, seperti di bawah ini:

02

3. Setelah itu jangan lupa di simpan, dengan nama file Data Undangan

03

4. Setelah itu program Ms. Excel nya close.

Langkah 2

Kita akan membuat master label, misalkan kita akan membuat master label dengan jenis Label 103, langkah yang harus dilakukan adalah :

1. Buka program Ms. Word, seperti di bawah ini

2. Klik menu Mailings  Label,

3. Klik Options.

4. Klik New Label.

  • Label Name isilah sesuai dengan keinginan anda
  • Top Margin diukur dari tepi kertas atas sampai ke tepi Label paling atas
  • Side Margin dari tepi kertas sebelah kiri sampai ke tepi label paling kiri
  • Vertical Pitch dihitung dari tepi atas label baris pertama sampai ke tepi atas label baris kedua
  • Horizontal Pitch dihitung dari tepi kiri label kolom pertama sampai ke tepi kiri label kolom kedua
  • Label height, tinggi label dihitung dari tepi atas label sampai tepi bawah label. Untuk lebih mudahnya tinggi label ini biasanya tertera di bungkus label yang anda beli,
  • Label Width, lebar label dihitung dari tepi kiri label sampai tepi kanan label.
  • Number across, diisi dengan banyaknya label dalam satu baris
  • Number down, banyaknya label dalam satu kolom
  • Page Size, sebaiknya anda pilih ukuran Custom (Catatan: diingat ukuran Page Size harus sama dengan Page pada pada Properties Printer Anda, karena jika tidak sama maka hasil Print tidak akan pas)
  • Page Width, lebar ukuran kertas label
  • Page Height, tinggi ukuran kertas label

5. Setelah semua terisi dengan benar, kemudian klik OK

Bagi sobat yang tidak ingin susah-susah bikin silahkan download label template bisa langsung ke http://www.tjlabels.com/download.html

6. Klik Ok

7. Klik New Document, maka Ms. Word akan membuka lembar baru seprti di bawah ini

8. Setelah itu Save, (simpan dalam satu folder dengan data Ms. Excel yang telah kita buat tadi)

Langkah 3

1. Klik Menu Mailling dan Klik Select Recipients dan Pilih Use Existing List.

2. Buka File Excel (misalnya : Data Undangan) yang anda buat tadi – Klik Open

3. Maka tampil kotak dialog “Select Table”, karena kita tadi menulis nama undangan di Sheet 1, klik Sheet 1$ – Ok

4. Selanjutnya kita memasukan filed ke dalam table yang kita buat dengan cara kita klik Insert Merge Field - Kemudian klik Filed satu persatu sesuai dengan posisi yang diinginkan.

5. Setelah masuk semua maka hasilnya seperti dibawah ini:

6. Hal yang paling penting yang harus dilakukan adalah kita meletakan Next Record didepan filed nama selain di filed nama pada kolom pertama baris pertama. Klik Maillings Rules Next Record

Sehingga seperti gambar berikut :

7. Untuk melihat hasil penggabungan data tadi dengan cara mengklik Ikon

21

Dan lihat hasilnya seperti ini :

8. Untuk mengePrintnyaKlik Finish & Merge Print Document

  • All, jika kita ingin mengeprint semua
  • Current Record, jika kita hanya ingin mengeprint yang di tampilkan di record
  • Form to jika kita ingin mengeprint dari record ke record berapa.

9. Klik Ok

Catatan: jangan lupa ukuran Page Size harus sama dengan Page pada pada Properties Printer Anda, karena jika tidak sama maka hasil Print tidak akan pas.

About these ads

About adisalannuary

Write What You Do and Do What You Write

Posted on November 1, 2011, in Ms. Word & Excel. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: